Monday 5 January 2015

TENTANG SABAR



Sabar  adalah membawanya kepada yang di tuntunkan syara’ dan akal serta menghindarkannya dari apa yang di benci oleh keduanya. Atau bisa di artikan sabar itu merupakan suatu kekuatan atau daya positif yang mendorong jiwa untuk menunaikan kewajiban serta kekuatan (daya) preventif yang menghalangi seseorang untuk melakukan kejahatan.



 Sabar ialah tetap tegaknya dorongan Agama berhadapan dengan dorongan hawa nafsu. Dorongan Agama ialah hidayah ALLAH SWT  kepada manusia untuk mengenalnnya  serta mengamalkan ajarannyn yang bertalian dengaa dan kemaslahatan-kemaslahatan yang bertalian dengan akibat-akibatnya.serta sabar pula yang membedakan manusia dengan hewan dalam hal menundukkkan hawa nafsu, karena hawa nafsu itu ialah tuntutan syahwat dan keinginan yang minta dilaksanakan. Maka barangsiapa yang tetap tegak bertahan sehingga dapat mengalahkan atau menundukkan hawa nafsu secara terus menerus, orang tersebut termasuk golongan orang yang sabar

Beberapa macam sikap sabar:
1.      . Sabar dalam beribadat
2.       Sabar ketika ditimpa malapetaka atau musibah
3.       Sabar terhadap kehidupan dunia atau sabar terhadap tipu daya dunia
4.       Sabar terhadap maksiat
5.       Sabar dalam perjuangan

Dengan demikian sebagai seoarang muslim sejati mengambil sabar itu sebagai perisai untuk mencapai kemenangan. Maka marilah kita memohon  ke hadirat Allah agar dia menghiasi kita dengan sifat sabar, saling menyabarkan, siap-siaga dan waspada serta taqwa dalam segala situasi dan kondisi. AMIN YA RABBAL’ ALAMIN.


No comments: